Kebutuhan akan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran adalah hal yang tidak terelakkan untuk dilakukan saat ini, terlebih kita dihadapkan untuk menyajikan pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran jarak jauh sekarang ini. Hal positif diperoleh dari kondisi sekarang ini adalah meningkatnya kreatifitas untuk menciptakan media yang menarik. Adapun Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran yang dirancang untuk mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan menarik tanpa mengurangi kedalaman dan esensi dari materi yang ingin disampaikan (Warsihna & Ramdani, 2020, hal. 144-150).
Beberapa penelitian membuktikan bahwa Kahoot efektif digunakan dalam media pembelajaran seperti:
- Mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengerjakan suatu materi (Warsihna & Ramdani, 2020).
- Meningkatkan dinamika di dalam kelas menjadi lebih aktif(Inge Wang & Tahir, 2020, hal. 149).
- Meningkatkan performa belajar dan ketarkaitan siswa dengan materi yang dipelajari (Göksün & Gürsoy, 2019).
- Meningkatkan hasil belajar siswa(Elsherbiny & Maamari, 2020),
- Kahoot juga mampu meningkatkan ketertarikan, minat, dan sikap belajar baik bagi siswa serta meningkatkan antusiasime siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan serta secara psikologis meningkatkan emosi bahagia dan nyaman untuk melakukan aktivitas pembelajaran.(Asikhia, Chandra, Vora, & Myint, 2017).
Keunggulan-keunggulan yang dihasilkan dari penggunaan Kahoot tentunya ditentukan karena berbagai faktor yang terkait di dalamnya (Chen & Yeh, 2019). Menurut Chen & Yeh (2019, hal. 347–361) Faktor-faktor tersebut diantara nya adalah media Kahoot ini didesain untuk meningkatkan rasa ingin tahu seseorang terhadap suatu pertanyaan karena didukung oleh tampilan, warna, waktu, dan alternatif jawaban yang sangat menarik sehingga orang cenderung untuk memberikan atensi yang lebih besar ketika menggunakannya.
Penelitian yang dilakukan oleh Warsihna, dkk (2020) menunjukkan penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran dianggap penting dan menarik untuk digunakan. Penggunaan Kahoot ini menghasilkan emosi-emosi tertentu yang mungkin bisa positif ataupun negatif tergantung pada kesiapaan dan kondisi psikologis individu yang akan menggunakannya. Adapun penggunaan tersebut bisa dioptimalkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang menentukan keberhasilan penggunaan Kahoot tersebut yaitu penyedia koneksi internet yang memadai, kesiapan psikologis respon-den, serta pemahaman yang men-dalam tentang materi yang akan diujikan. (Warsihna & Ramdani, 2020)